Laboratorium Karantina Pertanian Kupang Ikuti Uji Banding Hama Gudang

Berita - 23 Nov 2021 | 12:25:43 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Laboratorium Karantina Pertanian Kupang Ikuti Uji Banding Hama Gudang
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang (17/11) - Setelah mengantongi akreditasi ISO/IEC 17025:2017, Laboratorium Karantina Pertanian Kupang terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi personil. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu ikut berpartisipasi dalam uji banding yang diselenggarakan oleh Laboratorium Karantina Pertanian Palangkaraya pada Rabu lalu.

Uji banding yang dilakukan yaitu Identifikasi  secara morfologi dan morfometri hama gudang Alphitobius laevigatus.  Alphitobius laevigatus atau yang lebih dikenal dengan nama kumbang jamur hitam ini merupakan salah satu jenis hama gudang yang menyukai tempat lembab juga dapat ditemukan pada celah-celah kotak pembungkus serta dibawah daun yang gugur.

"Sejak tahun 2018, Laboratorium Karantina Pertanian Kupang telah memperoleh sertifikat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), sehingga komitmen dalam menjamin kompetensi analis laboratorium perlu untuk terus dijaga dan ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan dengan ikut berpartisipasi pada uji banding yang dilakukan antar laboratorium seperti ini", ujar Darni Rambu, Penyelia Laboratorium Karantina Tumbuhan, Karantina Pertanian Kupang.


#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang