Siap Pasok Pasar Ende, Karantina Pertanian Kupang Pastikan Ayam Pedaging Sehat

Berita - 07 Okt 2021 | 13:32:52 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Siap Pasok Pasar Ende, Karantina Pertanian Kupang Pastikan Ayam Pedaging Sehat
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Bolok (06/10) Pejabat Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja Pelabuhan Penyeberangan Bolok melakukan pemeriksaan fisik terhadap 10.400 ekor ayam pedaging yang akan diberangkatkan menuju Ende dengan menggunakan kapal KMP. Sirung pada Rabu pagi.

"Kami selalu pastikan kesehatan ayam, jumlah dan kesesuaian jenis," jelas Erasmus Nissi selaku Paramedik Karantina Hewan yang bertugas. "Ayam diangkut menggunakan 2 truk dan 22 mobil pick up, yang telah kami pastikan layak untuk melalulintaskan media pembawa tersebut", tambahnya.

Menurut UU No. 21 pasal 37, pejabat karantina pertanian melakukan pemeriksaan administratif dan kesesuaian dokumen serta pemeriksaan kesehatan, apabila dokumen persyaratan sesuai dan hewan dinyatakan sehat, kemudian pejabat karantina pertanian menerbitkan sertifikat kesehatan hewan (KH-11).

Yulius Umbu Hunggar, Kepala Karantina Pertanian Kupang menambahkan, "Pada saat musim panen ayam pedaging ras broiler, Karantina Pertanian memiliki peran untuk memastikan hewan dalam kondisi sehat, sehingga siap dilalulintaskan dan pada saat sampai di tempat tujuan hewan siap untuk diperdagangkan maupun untuk dikonsumsi."

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang