Karantina Pertanian Kupang Sering Operasi Patuh, Ada Apa?

Berita - 17 Jun 2022 | 12:38:38 WITA

Diposting Oleh : Syahidah Ulya


Karantina Pertanian Kupang Sering Operasi Patuh, Ada Apa?

Pelabuhan Tenau, Kupang (9/06) – Untuk kesekian kalinya Karantina Pertanian Kupang melaksanakan operasi patuh. Isu wabah PMK yang mengancam kehidupan masyarakat peternak hewan rentan PMK adalah pemicu gencarnya Operasi Patuh ini dilakukan. Pasalnya, NTT menjadi harapan Indonesia untuk memasok hewan kurban pada iduladha mendatang.

Kepala Karantina Pertanian Kupang, Yulius Umbu Hunggar, berkali-kali menekankan pada seluruh Pejabat Karantina Pertanian Kupang di seluruh wilayah kerjanya untuk memperketat pengawasan pemasukan dan pengeluaran khususnya untuk hewan dan produk hewan rentan PMK.

Pada masa wabah PMK ini, Operasi Patuh dilakukan setidaknya dua kali per pekan untuk alat angkut penumpang, dengan tetap melakukan patroli reguler setiap hari ke kapal laut dan pesawat terbang yang membawa komoditas hewan dan tumbuhan. Harapannya Operasi Patuh Karantina ini akan mencegah masuknya hewan dan produk hewan rentan PMK dari daerah wabah.

Hasil dari peningkatan pengawasan ini, Karantina Pertanian Kupang berhasil menemukan 10 box daging babi beku yang akan dilalulintaskan ke luar Kupang namun tidak dilengkapi sertifikat karantina yang kemudian ditolak untuk dilalulintaskan. Dengan adanya Operasi Patuh Karantina ini diharapkan masyarakat akan lebih tertib #LaporKarantina.