Kelor Asal NTT Makin Mendunia

Berita - 09 Mar 2021 | 09:06:55 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Kelor Asal NTT Makin Mendunia
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Daun kelor (Moringa Oleifera) adalah tanaman dari suku Moringaceae dengan segudang manfaat. Daun kelor dipercaya banyak orang sebagai bahan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Daun Kelor sering disebut sebagai daun ajaib selain untuk sayur pendamping makanan sehari-hari dapat juga diolah untuk pengobatan herbal. Tak hanya itu, di Indonesia kelor juga digunakan untuk teh hingga bahan kapsul untuk pengobatan.

 

Tanaman kelor memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena dibutuhkan berbagai negara untuk konsumsi maupun industri. Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mendorong ekspor produk olahan kelor atau masyarakat setempat menyebutnya sebagai marungga ini.

 

Sabtu (6/3), Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja (Wilker) Bandar Udara Eltari melakukan pemeriksaan terhadap 22 kilogram senilai 10 juta rupiah olahan kelor berupa cairan. Minyak kelor ini akan diterbangkan ke negara bagian barat Amerika Serikat yaitu Colorado.

 

"Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik maupun administratif. Hasil pemeriksaan fisik dinyatakan media bebas dari hama dan penyakit, sehingga dapat diterbitkan Phytosanitary Certificate (KT-10)," jelas Apriana, Analis Perkarantinaan Tumbuhan yang bertugas sekaligus penanggung jawab wilker tersebut.

 

Yulius Umbu Hunggar menambahkan, "Kami akan terus mendukung dan memfasilitasi program Kementerian Pertanian terkait Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor produk - produk pertanian unggulan asli Nusa Tenggara Timur."

 

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang